Sabtu, 16 November 2019

Pencairan Dana PIP SMK Untuk 56.832 Siswa Dipercepat

Siswa sedang mengantri untuk mencairkan dana PIP SMK - Gambar diambil dari ditpsmk.net


Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan (PSMK) mengadakan kegiatan percepatan pencairan dana PIP tahun 2018 dan 2019 pada wilayah-wilayah yang dinilai belum tuntas dalam mencairkan dana Program Indonesia Pintar.

Kegiatan ini dilakukan selain untuk mempercepat pencairan dana Program Indonesia Pintar Sekolah Menegah Kejuruan namun juga untuk memastikan pelaksanaan pencairan dana Program Indonesia Pintar Sekolah Menegah Kejuruan dilakukan dengan baik dan tepat. Ketepatan sasaran, jumlah dana yang diterima, pemanfaatan dana, dan layanan lembaga penyalur akan didata melalui instrumen khusus yang disajikan secara online.

Kegiatan percepatan pencairan PIP ini dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia, adapun jumlah wilayah sasaran yang dikunjungi pada kegiatan ini adalah 65 kab/kota yang ada di 26 provinsi. Jumlah siswa yang terdata belum melakukan pencairan dana di wilayah tersebut adalah sejumlah 56.832 siswa.

Petugas dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi, MKKS Kab/Kota, Sekolah Menegah Kejuruan, siswa penerima bantuan, dan Bank BNI 46 dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan dilaksanakan dengan mengundang Bank BNI 46 untuk melakukan kegiatan pencairan dana di Sekolah Menegah Kejuruan yang ditentukan. 

Kemudian siswa Sekolah Menegah Kejuruan lain dari wilayah tersebut yang belum mencairkan dana akan datang ke Sekolah Menegah Kejuruan terpilih untuk melakukan pencairan dana. Dengan strategi ini diharapkan percepatan dapat dilakukan lebih cepat karena Bank BNI mengalokasikan petugas khusus untuk melayani pencairan dana PIP SMK. Dengan cara ini juga siswa SMK tidak perlu mengantri dengan nasabah reguler. Selain itu BNI juga menyiapkan mobil BNI Layanan Gerak (BLG) ke sekolah untuk melayani keperluan perbankan lebih lanjut.

Kegiatan percepatan Program Indonesia Pintar (PIP) SMK diharapkan menjadi sebuah bentuk nyata layanan prima Direktorat PSMK. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk memastikan pelayanan pemerintah diberikan dengan tepat, cepat dan bermanfaat. Direktorat PSMK memastikan layanan lembaga penyalur dilaksanakan semaksimal mungkin sehingga siswa penerima dana PIP SMK dapat segera menerima haknya dan memanfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan personal pendidikannya.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda